gkr-hemas-sekolah

G.K.R. Hemas menempuh masa pendidikan dasar hingga menengah di Tarakanita. Sekolah yang menonjol aspek kedisiplinannya, G.K.R. Hemas menempuhnya dengan kisah yang penuh dinamika. Tidak melulu tentang bagaimana meraih nilai-nilai dalam rapor, tapi juga membangun kecerdasan social bersama teman-temannya.

Sejak duduk di sekolah dasar, G.K.R. Hemas mengembangkan kebersamaan dan menjalin persahabatan. Dia sudah memiliki “gang kecil” yang berkomitmen saling membantu dan melindungi. Ada sejumlah teman sekolahnya, bahkan ada yang sejak TK, yang terus membina persahabatan hingga kini, saat mereka sudah memiliki cucu.

Lulus SMP Tarakanita, G.K.R. Hemas sempat melanjutkan ke SMA Tarakanita, tapi hanya setahun sebelum dia pindah ke SMAN 24, Jakarta Selatan. Di sekolah yang terletak dekat markas besar tentara itu, G.K.R. Hemas berada  di satu sekolah dengan Ani Kristiani, putri Letjen (Purn.) Sarwo Edhie Wibowo, yang kemudian Ani menikah dengan Susilo Bambang Yudhoyono, Presiden Republik Indonesia. Lulus SMAN 24, G.K.R. Hemas melanjutkan kuliah di Jurusan Seni Rupa Universitas Trisakti. Tidak sampai tamat, dan dia ingin melanjutkan studi ke Jerman. Hanya tiga bulan dia berada di Negara Eropa itu, sebelum akhirnya kembali lagi ke tanah air untuk menikah.