sumarah stroke

Hati seorang ibu memang mudah tersentuh. Apalagi sebagai “Ibunya Masyarakat Yogyakarta”, GKR Hemas, disamping sebagai Permaisuri Raja, juga sebagai Wakil Ketua DPD RI, memang punya kewajiban untuk membantu warganya yang memperoleh cobaan dalam hidupnya.

Rasa iba dan trenyuh pun tak mampu dihindari, manakala melihat dan mengetahui keberadaan Ibu Sumarah Suwarso (66 tahun) tergolek tak berdaya di atas kasur tipis seadanya. Perempuan ini terserang stroke 5 tahun belakangan. Tinggal berdua dengan Tari (16 tahun) di Dusun Dipan, Kelurahan Wates, Kecamatan Wates, Kabupaten Kulon Progo. Sementara putri semata wayangnya, Lestari Puji Astuti baru duduk di bangku kelas 2 SMA tentu tengah membutuhkan biaya sekolah yang tidak sedikit. Tari pun dalam pengasuhan Panti Asuhan Putri Muhammadiyah Wates.

Pada saat yang sama, GKR Hemas juga mengunjungi Ngadimun, salah satu warga yang juga berada di Dusun Dipan, Kelurahan Wates, Kecamatan Wates, Kabupaten Kulon Progo yang lumpuh akibat tulang punggungnya patah. Sebagai kepala keluarga, Ngadimun tak mampu berbuat banyak untuk menafkahi keluarganya. Bahkan untuk berobat pun tak mempunyai biaya.

“Kita mesti berbuat sesuatu untuk membantu mereka yang tengah mengalami musibah. Bantuan kita sangat berharga, sekecil apapun itu. Dan tugas pemerintah dengan program bantuan kesehatan untuk masyarakat kurang mampu, harus mampu menyentuh kalangan mereka,” tutur GKR Hemas sembari memberikan semangat dan spirit agar keduanya dapat tabah dalam menjalani hidup mereka.